SMK Lebak Bulus berdiri tanggal 21 Nopember 1987 di bawah naungan Yayasan Keluarga Grafika Lektur dengan Akta Notaris Rini Soemintapoera, SH Nomor : 10 Tanggal 21 Nopember 1987. Dan Pada Awal Tahun 2015 SMK Lebak Bulus telah dibawah naungan Yayasan Lektur Grafika Media.

Tujuan Yayasan Lektur adalah mewujudkan cita-cita para pendirinya, yaitu turut serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju dan sejahtera, khususnya melalui bidang pendidikan, pengajaran dan pelatihan untuk mencapai tingkat keahlian Bidang Grafika dan Teknologi Informasi.

SMK Lebak Bulus berdomisili di Jalan Raya Pasar Jumat No. 47 ( bersebelahan dengan terminal Lebak Bulus ) menempati areal lebih kurang 11.000 m2  dengan ruang belajar (teori dan praktik dua lantai), dilengkapi dengan fasilitas praktik sesuai dengan tuntutan kebutuhan lapangan kerja, kini dan akan datang.

Menyadari beratnya persaingan para lulusan dalam merebut lapangan kerja, dimana para lulusan yang tidak memiliki keahlian akan tersingkir, maka SMK Lebak Bulus menerapkan sistem diklat berbasis kompetensi melalui program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS),  artinya setiap siswa dipacu untuk memiliki keterampilan sesuai pendidikannya, agar dapat menjawab tantangan dunia kerja.

Sebagai realisasi setiap siswa wajib mengikuti uji kompetensi dasar pada tahun pertama, melaksanakan pelatihan kerja (Prakerin) di perusahaan minimal 4 bulan dan uji kompetensi nasional pada tahun ke tiga.

Program diklat yang dikembangkan SMK lebak Bulus adalah bidang Bisnis dan Manajemen dengan konsentrasi penjurusan pada profesi administrasi perkantoran dan akuntansi. Pilihan ini berdasarkan pada prioritas kebutuhan tenaga kerja jangka panjang, bahwa semua sektor usaha dari yang terkecil sampai terbesar, baik lembaga pemerintah, BUMN, maupun swasta senantiasa membutuhkan tenaga administrasi perkantoran dan akuntansi.